11 Trik Cara Bisnis Properti Tanpa Modal Untuk Pemula

11 Trik Cara Bisnis Properti Tanpa Modal Untuk Pemula yang Menguntungkan

Bisnis properti tanpa modal memang terlihat menyenangkan, tetapi apakah mungkin? Ya..mungkin saja kalau tahu caranya. Bisnis properti memang bisnis yang tak lekang jaman dan cocok dijalankan bagi siapa saja baik tua maupun muda. Tapi yang paling sulit adalah bagaimana cara memulai bisnis properti dengan tepat dan benar agar tidak mengalami kerugian yang besar. Banyak orang menduga kalau bisnis properti adalah bisnis yang membutuhkan modal yang sangat besar sehingga banyak orang yang enggan memulai bisnis ini. Padahal kalau kita tahu, banyak sekali tips cara mulai usaha properti dengan modal yang sangat-sangat minim dan bisa dilakukan saat ini juga. Di artikel ini saya akan membaginya menjadi 2 topik yaitu; I. Bagaimana Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang, dan II. Trik Cara bisnis Properti Tanpa Uang Pribadi (alias menggunakan uang orang lain). Jangan khawatir cara bisnis properti ini sangat cocok untuk pemula modal kecil.



I. Bagaimana Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal (modal kecil) dan Tanpa Hutang

Ini sangat cocok bagi anda yang ingin belajar bisnis properti tanpa modal dan ingin segera memulainya dari nol tanpa takut mengalami kerugian uang atau resiko yang besar.
  1. Makelar Rumah.
    Sering-seringlah jalan-jalan ke perumahan di sekitar anda barangkali ada rumah yang dijual. Anda bisa tanya ke tetangga, teman atau saudara apabila mereka melihat atau tahu ada rumah yang dijual di lingkungan tempat tinggal mereka. Kalau tidak, anda bisa jalan-jalan sendiri dan fokuskan di lingkungan perumahan yang baru, biasanya di situ terdapat rumah yang baru dijual dan belum diiklankan. Nah ini kesempatan anda. Coba datangi pemilik rumah dan tawarkan agar anda bisa menjadi perantaranya/ makelar. Kalau setuju, baru pasanglah foto rumah itu dan iklankan ke koran dan situs online jual beli rumah semacam OLX, rumah123, kaskus dan lain-lain. Kadang ada beberapa pemilik rumah masih banyak yang belum bisa memanfaatkan internet untuk menjual rumah mereka. Dengan komisi 2,5% dari harga rumah anda bisa mendapatkan potensi pendapatan sebesar 5 juta kalau rumah tersebut misalnya berharga 200 juta.
  2. Agen Properti.
    Anda bisa mendaftar menjadi agen properti yang ada di lingkungan tempat tinggal anda. Dengan. Keuntungan dari bergabung menjadi agen properti adalah, anda akan mendapatkan informasi up to date mengenai properti yang di jual di sekitar lokasi anda dan anda juga akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan bagaimana menjual properti dan bernegosiasi dengan klien sehingga lebih mudah mendapatkan deal.
  3. Bisnis Homestay.
    Apakah itu homestay? Homestay adalah rumah tinggal yang dijadikan sebagai penginapan harian untuk umum. Ada yang rancu dengan menyamakan antara homestay dengan guest house. Kalau guesthouse adalah rumah penginapan yang biasanya diperuntukkan kepada tamu – tamu perusahaan. Kata homestay kadang juga disalahgunakan oleh pemilik hotel kecil atau motel yang menyediakan penginapan berharga murah. Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan bisnis properti homestay dengan contoh kasus. Budi mempunyai paman yang memiliki rumah (lengkap beserta perabot) yang sudah lama tak terpakai. Si paman enggan mengontrakkannya karena khawatir biaya kontrakan tidak sebanding dengan biaya renovasi akibat kerusakan yang ditimbulkan pengontrak kelak. Budi mengetahui hal ini dan menawarkan diri untuk mengelola rumah si paman untuk dijadikan homestay. Karena kota tempat tinggal Budi adalah kota wisata dan kota industri, Budi mengamati banyak orang membutuhkan penginapan berharga murah yang lebih murah dari hotel. Budi lalu mengiklankan ke online mengenai homestay murah di kotanya. Tidak beberapa lama, beberapa orang melihat iklan online dan menghubunginya. Budi sadar bahwa rumah yang dijadikan homestay akan mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada sekedar dikontrakkan.
  4. Membuat situs online mengenai jual beli properti.
    Kalau anda mahir bermain internet, anda bisa membuat situs jual beli properti yang anda kelola sendiri. Kalau situs anda sudah mendapat peringkat bagus di Google dan dipercaya banyak orang, bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan kontrak eksklusif menjadi marketing online suatu developer perumahan. Si Developer bisa jadi akan meminta anda sebagai broker dan menjualkan perumahan mereka dengan mengiklankan ke situs anda dan anda akan mendapatkan komisi khusus ketika berhasil menjual per unitnya.

II. Trik Cerdas Cara bisnis Properti Tanpa Uang Pribadi (alias menggunakan uang orang lain).

Nah tips berikut ini bisa dilakukan dengan tanpa modal pribadi. Cara ini lebih masuk akal dan sangat cerdas apabila anda ingin berinvesatasi di properti dan ingin mendapatkan keuntungan besar tetapi tidak ingin menggunakan uang pribadi. Berikut ini adalah cara investor kelas kakap yang bisa anda pelajari jika anda ingin menjadi menjadi investor properti yang sukses.
  1. Naikkan Harga – Turunkan Syarat Pembayaran.
    Di sini diasumsikan anda adalah investor dan telah menemukan properti hot deal yang dijual di bawah harga pasar tetapi kondisi keuangan anda belum mencukupi. Bagaimana caranya? Katakanlah harga pasar untuk rumah dengan luas dan tipe sama di sekitar properti itu berkisar 850 juta, tetapi yang ditawarkan pada anda hanya 500 juta. Nah, dengan strategi ini anda tawar properti itu dengan menaikkan harganya menjadi 525 juta. Si penjual hampir pasti akan terkejut bercampur senang dengan tawaran anda. Ah..gila nih orang, biasanya pembeli menawar lebih rendah kok ini malah lebih mahal,…gila!. Dengan kondisi seperti ini anda bisa melanjutkan negosiasi anda untuk menurunkan syarat pembayarannya menjadi seringan mungkin. Kalau penjual minta DP 20%, mintalah untuk menurukannya menjadi 5% saja atau bahkan tanpa DP sama sekali. Jika dia minta pembayaran satu bulan setelah DP, mintalah harga harga pelunasan bisa dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan atau lebih. Hal ini dilakukan sebagai imbal balik dari penawaran anda yang lebih tinggi dari harga yang dia minta, dan apabila ada syarat-syarat lain yang memberatkan, negosiasikan sampai seringan mungkin. 
  2. Pinjam dari penjual.
    Di sini anda bisa mengkombinasikan pendanaan dari penjual dengan pendanaan dari perbankan. Terkadang pendanaan dari bank tidak cukup untuk menutup seluruh kebutuhan take over aset properti. Misalnya anda hanya mendapatkan pendanaan dari bank sebesar 80%, padahal masih ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi seperti down payment (DP), biaya administrasi dan sebagainya, nah strategi kedua ini bisa menjadi salah satu jalan keluarnya. Tentu yang dimaksud di sini bukanlah meminjam secara langsung, melainkan menegosiasikan pembayaran agar kekurangan sebesar 20% bisa dilunasi secara bertahap alias dicicil kepada penjual. Sampaikan secara jujur kepada penjual bahwa untuk membeli propertinya sebagian dana yang anda perloleh adalah dari bank dan uang anda sendiri tidak cukup untuk menutupi kekurangannya. Itulah sebabnya mengapa anda perlu mengetahui motivasi penjual sejak awal. Jika motivasi penjual jelas, anda akan jauh lebih mudah mengatur skema pendanaan transaksi.
  3. Gunakan Uang Sewa yang Dibayar di Muka.
    Seperti telah saya sampaikan, aset bakal investasi anda sebaiknya adalah properti yang sudah tersewa, misalnya ruko yang sudah disewa 5 tahun ke depan misalnya oleh sebuah bank, apartemen yang sudah dikontrakkan untuk jangka panjang atau rumah hunian yang telah tersewa sekian tahun ke depan. Nah uang sewa properti yang telah dibayar di muka itu dapat anda jadikan sebagai pengurang harga pembelian atau sebagai DP. Berikut adalah sebuah transaksi fenomenal yang dilakukan oleh Ryan, seorang anak mudah berusia 25 tahun saat itu dimana dia mendapatkan pengembalian uang sewa yang dibayar di muka sebesar 169 juta. Saat itu, aset yang dinilai oleh bank sebesar 7,9 miliar. Harga transaksinya adalah 6,4 miliar. Biaya-biaya transaksinya adalah sebesar 384.860 juta, sehingga potensi keuntungan saat beli sebesar 1.115.140.000. Pinjaman yang keluar dari pihak bank adalah sebesar 7 miliar, sehingga dikurangi dengan harga transaksi 6,4 M dan biaya transaksi sebesar 384.860 juta, didapatlah uang lebih (cash back) sebesar 215.140.000. Dan ditambah dengan pengembalian uang sewa yang dibayar di muka sebesar 169 juta, sehingga didapat total kelebihan uang sebesar 384.140.000, …fantastis bukan! Ini bukan hanya sekedar hot deal tetapi benar-benar great deal property cash machine. Sudah membeli tanpa modal, mendapat modal dari bank, tidak perlu membayar cicilan, mendapat cashflow positif. Dan masih juga mendapatkan pengembalian uang sewa. Strategi yang serupa juga pernah digunakan oleh salah seorang relasi saya di Denpasar. Sebut saja namanya Pak Randa. Ia membeli sebuah vila di bali seharga 1,5 miliar. Dana pembayarannya ia dapat dari uang sewa selama 5 tahun, yaitu 250 juta per tahun yang dibayar di muka sebesar 1,25 M, dan dari pinjaman bank sebesar 175 juta saja. Dan dari komisi pembelian sebesar 75 juta yang ia minta dari penjual sebagai pengurang harga jual. Ia melihat peluang ini karena penyewanya sendiri bersedia memperpanjang sewa selama 5 tahun dengan pertimbangan bahwa selama itu harga sewa tidak naik, dan mendapatkan bonus gratis sewa selama 6 bulan.
  4. Gunakan Agunan Tambahan.
    Strategi ini terkadang diperlukan jika semua strategi tanpa modal sudah anda coba tetapi tidak ada yang berhasil padahal aset yang akan anda beli sangat bagus. Ini adalah strategi terakhir yang bisa anda gunakan, syaratnya, anda memiliki sertifikat properti lain yang belum dijaminkan. Kalau anda tidak memilikinya anda bisa meminjam sertifikat milik orang tua anda atau siapapun yang belum dijaminkan. Bilang padanya bahwa mereka akan mendapatkan komisi dari keuntungan transaksi properti yang akan anda dapatkan.
  5. Manfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA).
    Produk bank ini bisa anda manfaatkan karena prosesnya relatif lebih cepat daripada kredit lainnya. Jumlah yang bisa anda peroleh bisa mencapai 250 juta bahkan 500 juta tergantung dari kondisi anda. Selain itu, bunga yang ditawarkan juga relatif rendah. Bukan anda tidak mungkin anda bisa mendapatkan KTA dengan bunga 12% per tahun, hampir sama dengan bunga KPR yang berkisar antara 11%-12%. 2 tahun 17% dan 3 tahun 20%. Bunga sebesar ini sangat terjangkau dan seharusnya bisa masuk dalam hitungan investasi properti. Namun anda tetap harus menghitung secara cermat dan kreatif sehingga dapat menggabungkan KTA ini dengan pendanaan lainnya untuk membantu kekurangan pembiayaan anda secara sementara.
  6. Manfaatkanlah Kartu Kredit.
    Kartu kredit bisa akan sangat membantu. Meskipun hanya untuk memenuhi kebutuhan awal seperti DP atau biaya lainnya dan bukan untuk seluruh transaksi. Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa bunga dengan memanfaatkan tenggang waktu 45 hari sebelum jatuh tempo. Ada seorang pebisnis properti yang memiliki belasan kartu kredit yang memang dipersiapkan jika sewaktu-waktu membutuhkan alternatif pendanaan yang cepat. Apakah tidak takut terjerat? Betul, kartu kredit memang bisa menjerat jika anda tidak bijaksana dalam menggunakannya. Apalagi untuk tujuan konsumtif, namu jika anda mempergunakannya dalam waktu singkat dan segera melunasinya sebelum jatuh tempo, kartu kredit bisa sangat menguntungkan.
  7. Dapatkan Dana Lebih dari Bank.
    Ya benar, anda bisa mendapatkan dana lebih dari bank untuk membiayai investasi properti anda. Ada sejumlah cara untuk menjalankan strategi ini namun pada prinsipnya anda perlu jeli dalam menemukan properti yang harga jualnya di bawah harga pasar atau bahkan di bawah harga likuidasi. Sementara itu bank mengucurkan kredit selalu di bawah harga pasar yang mereka peroleh dari apraisal yang mereka lakukan, nah selisih antara harga transaksi dan pinjaman yang dikucurkan oleh bank itulah yang disebut dana lebih atau cashback. Kesimpulannya adalah, ketika berinvestasi di properti, gunakan uang anda seminimal mungkin dan gunakan pinjaman bank sebanyak mungkin. Dengan menerapkan langkah-langkah yang bijaksana, semakin sedikit uang kita dalam sebuah transaksi, semakin sedikit resiko yang kita tanggung.

Jenis Bisnis Properti yang Bisa Anda Pilih

Selain kuliner, bisnis properti menjadi salah satu bisnis yang paling banyak diburu orang. Bisnis ini juga terkenal tahan lama, dan mampu mendatangkan rupiah yang sangat besar. Namun, saat awal memulai, Anda memerlukan modal yang cukup banyak.

Secara harfiah, properti merupakan harta berbentuk tanah atau gedung, serta sarana dan prasarana yang menggambarkan elemen tak terpisahkan di tanah atau gedung yang dimaksudkan. Singkatnya, properti adalah tempat milik, beserta bangunan. Jika diartikan, bisnis properti merupakan bisnis yang mengacu pada tanah atau bangunan yang berdiri di atasnya.

Pemasukan  Anda bisa dari sewa bangunan atau tanah itu dalam jangka waktu tertentu. Anda tertarik bermain dalam bisnis properti? Sebaiknya Anda perlu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis bisnis properti tersebut, sebelum memulainya.

Properti untuk keperluan khusus
Bisnis properti ini tujuannya untuk orang-orang yang memerlukan kegiatan khusus. Tentu kita butuh masjid dan gereja untuk beribadah, tempat hiburan untuk refreshing, terminal bus dan stasiun kereta api untuk keperluan transportasi, atau ruang pertemuan untuk mengadakan rapat. Nah, keperluan khusus tadi tentu jadi peluang bisnis properti bagi Anda.

Properti untuk industri dan penelitian
Pengusaha memerlukan bangunan untuk menjalankan usaha industrinya. Jenis bangunan seperti pabrik, diperlukan mereka menjalankan usahanya. Akademisi juga membutuhkan tempat untuk kegiatan penelitian. Bangunan khusus diperlukan mereka.

Properti untuk agrobisnis
Para pelaku usaha agrobisnis, pertanian, perkebunan, dan peternakan, membutuhkan tempat khusus menjalankan usaha mereka. Untuk bidang pertanian dan perkebunan, mungkin yang dibutuhkan adalah sebidang tanah khusus. Sedangkan peternakan, perlu ada bangunan khusus untuk aktivitas ini. Kalau perlu, Anda juga bisa menyewakan sebidang tanah untuk keperluan pangan ternak. Properti untuk agrobisnis bisa Anda beli di daerah.

Properti untuk hunian
Jenis bisnis properti yang terakhir adalah properti untuk hunian. Mungkin, bisnis properti ini yang paling banyak dijalankan pengusaha properti. Bangunan hunian bersifat komersil dan bisnis. Banyak sekali pilihan untuk hunian. Tinggal Anda sesuaikan dengan modal yang ada. Anda bisa memilih mendirikan bangunan hotel, motel, rumah kontrakan, rumah susun, apartemen, villa, atau kos-kosan.
Bisnis properti memang menjanjikan keuntungan yang luar biasa. Namun, bisnis ini melibatkan banyak orang, seperti pemerintah, pengguna, dan pemilik modal. Pemerintah berperan sebagai pihak yang mengeluarkan peraturan dan monitoring terhadap bisnis properti, yang dijalankan di wilayah hukumnya. Pengguna adalah orang yang mempunyai hak kepemilikan sebuah properti dan memiliki sertifikat kepemilikan. Pemilik modal merupakan orang yang membantu dengan membiayai bisnis yang sedang berjalan.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis properti, adalah sertifikat bangunan atau tanah yang sedang Anda kelola. Anda tinggal memilih jenis bisnis properti yang cocok. Jangan sampai Anda bermasalah dengan hukum, karena bangunan dan tanah itu sedang dalam sengketa. Selamat berbisnis!!!


Belajar jadi Developer Kecil kecilan? Kenapa tidak?


Menjadi pengusaha properti menjanjikan keuntungan besar dengan pengembalian modal yang relatif cepat. Kebutuhan yang tinggi akan properti melahirkan pengusaha-pengusaha properti kelas mini yang mencoba mengail untung.

Berbisnis pengembang properti (developer) menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, antara 25% hingga 35%. Modal yang harus dibenamkan memang besar, tapi bila strategi Anda tepat, modal Rp 6 miliar bisa kembali dalam waktu 2 tahun saja.

HARGA EMAS BATANGAN

Emas batangan adalah bagian dari safety heaven investment. Memang imbal returnnya tidak besar tetapi konsiten meningkat dari tahun ke tahun. Proporsi menyimpan emas batangan dianjurkan oleh orang tua kita untuk melengkapi tabungan kita diluar properti. Nah harga emas batangan yang tepat dan murah bisa didapatkan di HargaHariIni.com yang setiap jam 11 diupdate kurs jual dan belinya

HARGA TIMBANGAN DIGITAL

Timbangan untuk bisnis anda bisa diperoleh disini baik untuk usaha mini market, supermarket, grosir ikan, ataupun sd timbangan gantung untuk industri. Kali ini kami menyediakan merk CAS yang asli dari KOREA dengan garansi 2 tahun. Untuk anda yang sedang mencari timbangan buah, timbangan duduk, timbangan laundry, timbangan supermarket bisa diperoleh di CAS SCALE

Tips Cara Memulai Bisnis Properti 2017 untuk Pemula

Tips dan Cara Membangun Bisnis Properti di Tahun 2017 bagi Pemula

Jiwa muda pada umunya adalah pribadi yang mempunyai banyak ambisi baik dalam pekerjaan maupun obsesi dalam bidang usaha. Salah satu yang paling dilirik kaum muda ditahun 2016 ini adalah peluang bisnis properti untuk pemula yang menguntungkan. Namun butuh bekal pengetahuan yang mumpuni sebelum memutuskan untuk bebisnis di bidang property ini.

Tips : Dalam Memulai Bisnis Properti, Berinvestasi dengan Seimbang
Kaum muda banyak yang beranggapan bahwa berinvestasi di properti bisa memberikan keuntungan yang tinggi. Hal ini biasanya didukung oleh kedua orang tua yang sudah berpengalaman punya rumah atau properti lainnya. Namun, jika kita masih muda dengan uang lebih dan belum punya tanggungan, tak ada salahnya untuk menanamkan modal di tempat lain. Kenapa demikian?? agar investasi kita seimbang, dan tidak berat di satu sektor saja.

Meski kita baru saja bekerja, namun tak akan rugi jika menyisihkan sedikit penghasilan kita untuk berinvestasi di saham. Bisa juga kita menggenjot dana terlebih dahulu di saham. Setelah mendapat untung, dananya bisa dipakai untuk membeli properti. Belajar berinvestasi lebih dini mengasah kemampuan dalam memperoleh pundit-pundi keuntungan.

Tak perlu menyisihkan dana terlalu banyak untuk mulai berinvestasi, katakanlah sekitar 10ribu hingga 50ribu per minggu. Kecil memang, tapi lebih baik ketimbang tidak sama sekali. Langkah kecil ini mengajarkan kita untuk membagi risiko. Dana kita tak akan hilang begitu saja jika terjadi sesuatu, beda cerita jika hanya ditempatkan di satu wadah saja.

Tips : Mengumpulkan Tabungan Sebelum Memulai Bisnis Properti
Punya rencana menyewakan kembali properti yang dibeli, misalnya rumah / apartemen, maka kita harus punya uang lebih untuk biaya perawatan. Jika beli properti untuk ditinggali, uang ekstra tetap diperlukan, untuk uang kebersihan dan keamanan juga perawatan properti. Langkah terbaik yang kita lakukan adalah menyimpan lebih banyak dana di tabungan sebelum membeli properti. Maka, kita lebih terlindungi dari biaya-biaya tambahan.

Tips : Buatlah riset kecil-kecilan mengenai lokasi
Tidak perlu komplit dengan fasilitas pendukung seperti lift/gym dan kolam renang, namun usahakanlah lokasi tidak jauh dengan sarana-sarana umum. Kawasan yang dekat dengan pusat kota memang bagus, tapi perhatikan juga pertumbuhan kotanya ke depan. Jangan sampai daerah pinggiran kota yang menjadi lokasi properti kita malahan tak akan dikembangkan oleh pemerintah.
Belilah properti berdekatan dengan stasiun kereta selalu menjadi pilihan terbaik karena sarana tersebut akan terus terpakai dalam waktu yang lama. Ketika populasi semakin bertambah, sarana transportasi massa itu akan menjadi sangat penting. Namun, tetap hati-hati terhadap area yang punya sentimen negatif, seperti dekat bandara/terminal yang selalu padat. Bahkan, jalan raya antar kota yang tiap harinya sangat sibuk dapat menjadi masalah. Kawasan seperti itu sebaiknya kita hindari.
Perhatikan juga masyarakat sekitar, orang-orang seperti apa yang tinggal di wilayah tersebut. Seleksi juga orang-orang yang berniat menyewa properti milik kita, jangan terima sembarang orang. Cara memulai bisnis properti memang butuh banyak persiapan dan pertimbangan, maka persiapkanlah segala sesuatunya dengan baik, baik dari segi mental, dana, maupun prediksi akan segala risiko yang bias saja terjadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Trik Cara Bisnis Properti Tanpa Modal Untuk Pemula"

Post a Comment