Peluang Usaha Produksi Tahu dan Cara Pemasarannya

Peluang Usaha Industri Tahu dan Analisa Usahanya Toko Mesin Maksindo

Tahu merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Tahu sebenarnya berasal dari negara Cina. Tahu di Negara Cina diartikan sebagai kata serapan yang berasal dari bahasa Hokain (tauhu) (Hanzi : hanyu piyin : doufu) yang memiliki arti kedelai yang difermentasi.  Pertama kali tahu muncul di negara Tiongkok ketika pada zaman Dinasti Han tepatnya pada 2200 tahun yang lalu.

Di Negara Indonesia tahu sangat populer dan sangat digemari oleh setiap lapisan masyarakat. Tahu oleh masyarakat Indonesia sering dikonsumsi dalam sehari-hari. Makanan yang merakyat ini bisa dibuat aneka jenis makanan dan camilan. Jadi industry tahu hingga saat ini masih terbuka lebar dan bisa dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan karena mengingat tahu sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Tahu banyak dikonsumsi masyarakat karena tahu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jika mengkonsumsi tahu dipercaya akan mengurangi resiko penyakit kanker, selain itu tahu juga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit dan menyehatkan darah. Mengingat betapa pentingnya tahu akan kesehatan tubuh manusia, banyak sebagian dari masyarakat yang mendirikan industry tahu. Meskipun persaingan dalam memproduksi tahu ini masih sangat ketat, namun tidak menutup kemungkinan industry tahu yang Anda bangun suatu saat nanti mendapat permintaan dari konsumen. Jadi usaha ini pantas dikatakan sebagai usaha yang tidak ada matinya.

Bahan :
  • Kacang kedelai yang direndam semalam 1 kg
  • Cuka makan 100 mili liter
  • Air
Alat :
  • Blender
  • Panci besar
  • Sebet atau kain
  • Saringan
Cara Pembuatan :
  1. Kacang kedelai yang sudah direndam dimasukkan ke dalam panci untuk diremas-remas
  2. Setelah kedelai sudah bersih masukkan ke dalam blender dan dihaluskan hingga kedelai halus
  3. Kedelai yang sudah dihaluskan akan nampak seperti susu kedelai, kemudian rebuslah air kedelai ke dalam panci hingga mendidih
  4. Siapkan baskom untuk tempat air dingin. Air kedelai jika sudah mendidih akan muncul busa
  5. Setelah muncul busa, tambahkanlah air dingin sedikit demi sedikit dengan mengecilkan api
  6. Setiap ada busa yang muncul beri air kembali. Rebuslah kedelai hingga busanya habis. Kemudian diamkan rebusan air kedelai tetap berada di atas kompor dengan menggunakan api kecil kurang lebih selama 20 menit. Lalu matikan kompor
  7. Biarkan rebusan air kedelai dingin dan setelah dingin segera lakukan penyaringan yang diatasnya dilapisi dengan menggunakan kain . Rebusan air kedelai diperas hingga air perasannya keluar. Jangan buang ampasnya, karena ampas bisa digunakan untuk membuat perkedel.
  8. Air hasil penyaringan di rebus kembali dengan menggunakan api sedang namun tidak direbus hingga mendidih
  9. Angkatlah susu kedelai kemudian masukkan 100 mili liter cuka dan aduklah sebentar. Kemudian diamkan kurang lebih selama 30 menit maka dengan sendiri susu kedelai akan terpisah menjadi calon tahu.
  10. Kemudian saringlah massa tahu dengan menggunakan serbet makan atau kain, peras hingga airnya keluar. Kemudian susun pada cetakan dan tindih dengan pemberat untuk mengeluarkan semua air. Biarkan kurang lebih selama 15 hingga 20 menit.
  11. Tahu selesai dibuat dan bisa dipotong sesuai dengan selera.
Ada beberapa hal yang Anda harus perhatikan ketika akan membuka Industri tahu, adapun beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah :
  1. Menyiapkan lokasi yang mendukung
  2. Mengurus perizinan usaha
  3. Merencanakan usaha (planning)
  4. Memperhatikan kebersihan pabrik
pada umnya yang menjadi permasalahan dari industry tahu adalah masalah limbah merupakan kotoran yang dihasilkan darp pembuangan sampah atau zat kimia dari Industry – industry . limbah sangat mmeberi pengaruhi besar terhadap kebersihan lingkungan dan sangat berdampak negative terhadap kesehatan manusia, karena mengingat akan berbahayanya limbah industry sangat  diperlukan penanganan terhadap masalah limbah. Pada umumnya air limbah industry dibuang melalui saluran atau got yang dibuang menuju sungai. Pada umunya limbah tahu terdiri dari dua jenis yaitu limbah cair dan limbah padat. Limbah cair sebenarnya bisa dimanfaatkan menjadi biogas yang bisa dimanfaatkan untuk pengganti bahan bakar. Sedangakn untuk limbah padatnya bisa dimanfaatkan menjani nata decoco, tepung, krupuk atau pakan ternak.
Analisa usaha :
  1. Modal
Modal merupakan salah satu unsure penting bagi industry kecil. Untuk menggunakan modal bisa dengan menggonakan modal pribadi atau dengan mengajukan pinjaman kredit di lembaga keuangan seperti koperasi atau bank. Contoh dalam mendirikan industry tahu jumlah modal yang Anda alokasikan adalah sebesar Rp 19.571.000 dengan perencian sebagai berikut :
Untuk pembelian peralatan
NoKeteranganHarga
1mesin giling Rp             4,000,000
2drum Rp             4,000,000
3panci Rp                 900,000
4kompor Rp                 300,000
5cetalan tahu Rp                 900,000
6peratan lain-lain Rp                 600,000
TOTAL Rp          10,700,000
Untuk pembelian bahan baku selama satu bulan
NoKeteranganHarga
1kedelai Rp     6,000,000
2cuka Rp         400,000
3lain-lain Rp         900,000
TOTAL Rp     7,300,000
Untuk biaya operasional selama satu bulan :
NoKeteranganHarga
1biaya listrik Rp         30,000
2biaya air Rp         41,000
3biaya sewa tempat Rp      500,000
4biaya tenaga kerja Rp      500,000
5biaya lain-lain Rp      500,000
TOTAL Rp  1,571,000
HPP ;
Biaya bahan baku Rp              7,300,000
Biaya Tenaga Kerja Rp                   500,000
BOP Rp                   571,000
Biaya Produksi Rp              8,371,000
  1. Target Pemasaran
Pemasaran merupakan aspek yang sangat mendukung dalam sebuah usaha atapun industry. Tahu merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar kedelai hitam, jadi pililah kedelai yang memiliki kualitas baik. Untuk mendapatkan kedelai Anda bisa menjalin kerja sama dengan petani kedelai. Untuk pemasarkan tahu Anda bisa juga menjalin kerja sama dengan pedagang sayur atau pedagang tahu lainnya.
  1. SDM
Penggunaan Sumberdaya pada industry tahu pada umnya sangat sederhana. Anda bisa menggunakan SDM untuk bagian produksi dan bagian pemasaran.
  1. Penentuan harga
Penetapan harga tahu bisa dengan menyesuaikan pasar. Dalam menentukan harga jual ini sangat mempengaruhi terhadap keuntungan yang akan didapat oleh produsen tahu.
  1. Asumsi pendapatan
Jika diasumsikan dengan menggunakan modal sebesar Rp 19.571.000 dengan pendapatan penjualan dalam satu bulan adalah sebesar Rp 11.250.000, maka perhitungannya adalah sebagai berikut :
  • Keuntungan kotor : Rp 11.250.000 – Rp 8371.000 = Rp 2.879.000
  • Keuntungan bersih : Rp 2.879.000 – Rp 571.000 = Rp 2.308.000
  • Laporan laba rugi :
penjualan bersih Rp  11,250,000
pembelian Rp     8,371,000
Laba Kotor

Biaya Usaha

biaya listrik Rp            30,000 Rp   2,879,000
biaya air Rp            41,000
biaya sewa Rp         500,000
biaya tenaga kerja Rp         500,000
Total Biaya Usaha
 Rp   1,571,000
laba bersih
 Rp   1,308,000
  • Laporan perubahan modal
Modal awal Rp  19,571,000
laba bersih Rp    1,308,000
Modal akhir
 Rp 20,879,000
Dari contoh rincian keuangan di atas dapat disimpulakan dengan diasumsikan dalam satu bulan Anda mendapatkan pendapatan penjualan sebesar Rp 11.250.000 dan memperoleh laba bersih sebesar Rp 1.308.000, maka sudah nampak modal Anda akan bertambah menjadi Rp 20.879.000.

Dalam menjalankan usaha ini, kami dari Toko Mesin Maksindo menawarkan kepada Anda berupa mesin press tahu yang merupakan mesin buatan Agrowindo yang bisa Anda gunakan untuk menggiling kedelai untuk membuat tahu. Mesin ini merupakan mesin buatan Agrowindo dengan kualitas baik.  Segera dapatkan mesin ini hanya di Toko Mesin Maksindo.

Demikianlah sedikit penjelasan yang bisa sampaikan tentang peluang usaha industry tahu dan contoh bentuk analisa usahanya, semoga dengan informasi ini dapat memberikan manfaat kepada para Pembaca.

Usaha Tahu Crispy Modal Kecil, Usaha yang Menjanjikan

Anda ingin berwirausaha dengan modal kecil ? Usaha tahu crispy bisa menjadi alternatif, dengan manajemen yang teliti usaha ini dapat berkembang dengan pesat karena tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap cemilan. Berikut ini analisa usaha tahu crispy di tahun 2015.

Siapa yang tak mengenal tahu crispy, penganan ringan ini memang semakin digemari. Rasanya yang gurih dan renyah membuat setiap orang yang mencicipinya berkeinginan untuk nambah. Perhatikan saja, setiap gerai tahu crispy yang biasanya mangkal di pinggir jalan tak pernah sepi pembeli. Bukankan ini peluang usaha yang menjanjikan ?

Tahu crispy yang dijajakan biasanya tersedia beraneka rasa. Namun kebanyakan dijajakan dalam pilihan rasa reguler, hanya saja cabai rawit yang menjadi pelengkap penganan ini tak boleh absen. Rasanya kurang lengkap jika makan tahu crispy tanpa dibarengi dengan cabai rawit, dan setiap penggemar tahu sepertinya memiliki selera yang sama.


Jika anda selama ini hanyalah penggemar tahu crispy yang berstatus sebagai konsumen, kenapa tidak mencoba berwira usaha ? Usaha tahu crispy tergolong usaha yang menjanjikan, dengan modal tidak terlalu besar usaha ini dapat dijalankan. Proses produksinya tegolong mudah, tanpa harus memiliki keahlian khusus.

Kunci utama dalam produksi tahu crispy adalah proses menggoreng yang memerlukan pengalaman untuk mendapatkan tekstur terbaik. Namun jangan khawatir, seiring dengan berjalannya waktu, anda akan menemukan trik menggoreng yang pas dimana besar-kecilnya api serta lama waktu menggoreng akan anda kuasai dengan mudah.

Antara Modal Sendiri dengan Sistem Franchise / Waralaba

Untuk memulai usaha tahu crispy terlebih dahulu yang harus anda lakukan adalah mencari supplier. Bahan baku tahu crispy yaitu tahu sumedang tidak diproduksi dengan skala besar dan biasanya sesuai pesanan. Kenapa demikian ? Tahu sumedang mentah tidak akan bertahan lama, paling lama hanya dapat bertahan sehari semalam setelah produksi. Maka dari itu, anda harus memesannya minimal sehari sebelum berjualan.

Jika tidak mau repot ada pilihan lain yaitu dengan mengambil sistem franchise / waralaba. Anda tidak perlu repot untuk mencari supplier, anda juga tidak perlu repot menyediakan alat dan bahan pelengkap lainnya. Semua sudah disediakan oleh pihak penyedia layanan waralaba mulai dari alat, bahan serta bahan pelengkap.

Anda hanya perlu menyediakan modal sebagai investasi serta menentukan lokasi berjualan. Untuk memulai usaha tahu crispy dengan sistem waralaba, silahkan anda hubungi pihak-pihak yang menawarkan sistem usaha franchise tahu crispy. Atau jika anda tidak tahu, silahkan hubungi penjual tahu crispy yang menjalankan usahanya dengan sistem franchise.

Disini, kita akan membahas usaha tahu crispy dengan modal sendiri. Usaha tahu crispy tidak membutuhkan permodalan yang terlalu besar, tidak mencapai 10 juta Rupiah. Berikut adalah analisi usaha tahu crispy untuk tahun 2015.

Analisis Usaha Tahu Crispy Modal Kecil, Usaha yang Menjanjikan

Disini kita asumsikan saja bahwa kita memulai dari nol dengan peralatan yang kita beli merupakan peralatan baru. Asumsinya, gerobak yang kita gunakan kita targetkan untuk masa pemakaian selama 3 tahun atau 36 bulan, sedangkan peralatan masak kita asumsikan dapat bertahan selama 2 tahun atau 24 bulan. Untuk bahan baku dan bahan pelengkap, kita hitung berdasarkan harga rata-rata tertinggi yang berlaku di berbagai daerah.

Bahan baku tahu sumedang mentah biasanya dijual per papan, dan untuk satu papan kita dapat membaginya menjadi 16 porsi sedang. Setiap porsi sedang kita hargai sebesar Rp 5,000 dengan kemasan kantung kertas ukuran sedang (ukuran kantung kertas gorengan). Berikut perhitungan lengkapnya.

Investasi Awal Usaha Tahu Crispy


Gerobak
 Rp       2,000,000
Kompor semawar  Rp   100,000
Tungku  Rp   100,000
Tabung gas 2x Rp 150,000  Rp   300,000
Penggorengan besar  Rp   150,000
Peralatan lainnya  Rp   200,000
Total Peralatan Masak  Rp           850,000

Total Investasi  Rp        2,850,000

Biaya Tetap Per Bulan


Penyusutan gerobak : 1/36 x Rp 2,000,000  Rp              55,500
Penyusutan Peralatan Masak : 1/24 x Rp 850,000  Rp              35,500
Total Biaya Tetap Per Bulan  Rp              91,000

Biaya Variabel Harian Per Bulan


Belanja Harian

Tahu Sumedang mentah Rp 25,000 5 papan  Rp            125,000
Minyak goreng Rp 12,000 3 liter  Rp              36,000
Gas Rp 20,000 1 tabung / hari  Rp              20,000
Kemasan dus/kertas + plastik  Rp              15,000
Bumbu Tabur Aneka Rasa  Rp              10,000
Bahan lain-lain
 Rp              10,000

Total Harian  Rp            216,000
Total Per Bulan = Harian x 30  Rp         6,480,000

Perhitungan Untung Rugi Usaha Tahu Crispy


Penerimaan Per Bulan
80 porsi x Rp 5,000 x 30 hari  Rp         12,000,000
Pengeluaran Per Bulan
Biaya Tetap  Rp        91,000
Biaya Variabel Harian  Rp   6,480,000
Biaya Lain-lain  Rp      150,000
Total Pengeluaran  Rp           6,721,000
*Keuntungan Bersih  Rp           5,279,000

Catatan :

*Keuntungan bersih tidak bersifat mutlak, harga barang kebutuhan yang tidak bisa diprediksi bisa membuat biaya pengeluaran/belanja harian dapat lebih tinggi ataupun lebih rendah.

50 Cara Promosi Bisnis Pabrik Tahu dan Strategi Pemasarannya

Bagi pengusaha Pabrik Tahu yang serius mengembangkan bisnis Pabrik Tahu, mereka menyadari bahwa aktivitas pemasaran dan promosi usaha Pabrik Tahu harus dilakukan lewat berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. Di halaman ini, kami akan memberikan 50 cara mempromosikan usaha Pabrik Tahu agar usaha Pabrik Tahu tersebut mencapai kesuksesan.

Namun sebelum kami menjelaskan lebih jauh, izinkan kami memberikan penjelasan sedikit tentang Strategi Pemasaran. Pemasaran (menurut Wikipedia) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:
1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual):
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).

Dari sudut pandang konsumen:
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).

Saat ini ada satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu berpromosi online melalui website. Anggaplah website adalah markas besar untuk bisnis Pabrik Tahu Anda. Maka dengan adanya website, melalui cara-cara promosi yang akan segera kami sebutkan ini, Anda akan mempromosikan website sekaligus mempromosikan usaha Pabrik Tahu. Dimana di website tersebut akan berisi produk, harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Karena seharusnya website akan mendukung bisnis Pabrik Tahu jika diintegrasikan antara promosi offline dan online.

Berikut beberapa alasan mengapa promosi website untuk Pabrik Tahu perlu juga dilakukan secara offline dan online:
  1. Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, bahkan mungkin tidak mau susah-susah mencari. Ketika website Anda diingat pertama kali, maka mereka akan mencari cara untuk dapat mengakses website Anda dan jika beruntung, terjadilah transaksi.
  2. Tidak semua orang yang biasa menggunakan internet sekalipun mengerti cara memanfaatkan search engine untuk memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin tetap bertanya orang di sekitar mereka. Sehingga, jika Anda beruntung website Anda-lah yang akan diakses, dan terjadilah transaksi.
  3. Kini untuk menaikkan ranking di search engine sudah semakin ketat persaingannya sehingga kecil kemungkinan bagi calon konsumen untuk menemukan website Anda. Jika website Anda sudah ada di benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka butuhkan melalui search engine.
  4. Hukum probablilitas untuk pemasaran berlaku. Semakin banyak orang mengenal website Anda melalui berbagai macam cara promosi, maka akan semakin banyak calon-calon konsumen yang akan menjadi konsumen serius.
  5. Dimana ada kesempatan bertemu dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada. Ungkapan ini mungkin cocok bagi Anda yang mempromosikan website melalui berbagai macam cara.
Ilustrasi Integrasi Promosi Offline dan Website (online)
Promosi (menurut Wikipedia) adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Tujuan promosi diantaranya adalah:
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
3. Untuk mendapatkan konsumen baru dan menjaga kesetiaan konsumen
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

Nah, dari ketujuh tujuan promosi diatas, berikut adalah 50 teknik promosi website yang nantinya akan berisi profil bisnis Pabrik Tahu Anda. Sehingga, begitu mereka mengakses website Anda, Anda juga sekaligus mempromosikan usaha Pabrik Tahu Anda di website tersebut.
Ketika melakukan aktivitas promosi yang kami sebutkan dibawah, jangan lupa untuk selalu memberitahukan alamat website Anda ke calon konsumen Anda.
1. Memasang iklan baris di koran.
2. Memasang iklan di buku telepon (yellow pages).
3. Menyebarkan katalog promosi dan iklan di pusat perkulakan.
4. Mendekati calon konsumen lewat telepon secara aktif.
5. Mendatangi langsung konsumen yang potensial.
6. Berpromosi lewat surat (direct mail).
7. Menjadi pembicara di seminar, dan bicarakan hal-hal yang hanya dikuasai.
8. Menjadi pembicara tamu acara dialog di radio.
9. Membuat data konsumen lengkap dengan alamat dan kontaknya. Jaga terus agar tetap up to date.
10. Membangun citra perusahaan dengan kop surat yang menarik.
11. Merancang brosur yang menjelaskan keuntungan produk.
12. Mengembangkan cara pemesanan lewat jarak jauh (delivery) seperti lewat surat, email, SMS, Telpon, BBM atau media lainnya
13. Membuat tempat khusus untuk memamerkan usaha Pabrik Tahu
14. Merancang pemasaran jarak jauh (telemarketing)
15. Membuat logo perusahaan sesuai dengan citra yang dibangun
16. Menerbitkan bulletin yang berkaitan dengan usaha yang dimiliki, paling tidak 3 bulan sekali
17. Mencetak kalender dan membagikannya sebagai souvenir.
18. Membuat kampanye sosial yang berkaitan dengan bisnis Pabrik Tahu.
19. Membuat stiker dengan logo dan slogan perusahaan dan membagikannya
20. Membuat kaos dengan logo dan nama perusahaan lalu membagikannya.
21. Menjajaki promosi dengan perusahaan lain yang bukan pesaing.
22. Memasang iklan di media cetak mingguan atau bulanan seperti majalah, bulletin, atau tabloid.
23. Memanfaatkan promosi patungan untuk menghemat biaya promosi
24. Berterimakasih pada konsumen dengan mengirimi surat
25. Menjaga hubungan dengan konsumen dengan mengirimkan kartu ucapan
26. Memasang profil perusahaan di Koran dan majalah yang biasa di baca calon konsumen sasaran
27. Menyewa agen periklanan atau humas (Public Relation)
28. Menyelenggarakan kontes atau sayembara yang bersifat promosi
29. Menyelenggarakan seminar yang khusus membahas produk atau jasa yang ada di perusahaan
30. Menyelipkan brosur, katalog promosi atau bahan promosi lain ke dalam tagihan yang dikirim
31. Mencari calon konsumen di pameran-pameran.
32. Mencari calon konsumen di perkumpulan atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis Pabrik Tahu
33. Menari calon konsumen di seminar-seminar.
34. Mencari konsumen potensial di majalah atau koran
35. Mengemas brosur, daftar harga, dan surat menyurat dalam tempat khusus untuk konsumen.
36. Memasang papan penunjuk yang mengarahkan ke kantor Anda.
37. Menyebarkan brosur yang diselipkan di wiper kaca mobil.
38. Mencetak kalimat bersifat promosi pada kertas promosi atau amplop.
39. Memasang logo dan nama perusahaan di kendaraan perusahaan.
40. Membuat daftar produk, lengkap dengan gambar.
41. Menyiapkan video tentang profil perusahaan.
42. Menyiapkan proposal yang ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen.
43. Menyiapkan contoh produk gratisan.
44. Menyediakan kesempatan pada calon konsumen untuk melihat-lihat proses produksi.
45. Mensponsori acara amal.
46. Menyebarkan kartu nama ke kenalan, saudara, teman, atau siapa saja.
47. Membuat mug dan membagikannya sebagai cinderamata
48. Membuat topi sebagai hadiah
49. Menerbangkan balon berisi logo perusahaan pada acara-acara tertentu
50. Beriklan di media elektronik seperti radio dan televisi
51. Pasang papan iklan di reklame, halte bus, dan tempat-tempat strategis

Demikianlah 51 cara promosi bisnis Pabrik Tahu dan strategi pemasarannya. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda dalam menjalankan usaha Pabrik Tahu. Apabila Anda tertarik, kami siap membantu membangun website untuk usaha Pabrik Tahu Anda.

Bersama kami para pelaku bisnis Pabrik Tahu dapat melakukan memanfaatkan media online tanpa harus menguasai seluruhnya ilmu-ilmu (web design dan programming) yang bagi kebanyakan orang rumit dan butuh waktu lama untuk mempelajarinya.

Kami akan membantu Anda mengembangkan desain layout website, mendaftarkan domain dan hosting. Semua informasi dari Anda, baik berupa teks maupun gambar akan kami tuangkan dalam karya menjadi sebuah website yang menarik, interaktif dan bisa di akses di seluruh dunia setiap saat selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu dan 30 hari dalam sebulan. Bandingkan dengan toko atau kantor yang hanya bisa diakses oleh calon konsumen selama 8 jam sehari, 6 hari seminggu, dan 24 hari sebulan. Sangat masuk akal jika semakin banyak waktu profil bisnis kita diakses, maka akan semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Usaha Produksi Tahu dan Cara Pemasarannya"

Post a Comment